اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ , وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ , وَ عَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمْ 2× وسليم

Rabu, 01 Desember 2010

Membangun Karakter Kepemimpinan Anak

Bagaimana cara Membangun dan menanamkan Karakter Kepemimpinan pada Anak kita? Seri tulisan pendidikan Islam bagi anak muslim.
Oleh A. Fatih Syuhud
Ditulis untuk Buletin SANTRI
Pondok Pesantren Alkhoirot Karangsuko, Malang (Jatim)

Rasulullah dalam sebuah hadits sahih bersabda, “Setiap dari kalian adalah penggembala. Dan setiap penggembala bertanggung jawab atas gembalaannya.” Penggembala adalah metafor dari pemimpin. Jadi, setiap individu muslim diwajibkan untuk memiliki kualitas kepemimpinan. Kalau toh ia tidak menjadi pemimpin besar, minimal ia dapat menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri dan keluarganya.

Kualitas kepemimpinan tentu saja tidak datang begitu saja. Ia harus dibangun melalui proses yang panjang Penanaman karakter kepemimpinan idealnya dilakukan sejak dini. Yakni sejak masa anak-anak. Dan di sinilah peran orang tua sangat vital. 


Salah satu yang terpenting yang harus dimiliki seorang calon pemimpin adalah kualitas intelektual. Ia harus cerdas dan pintar. Kalau tidak lebih cerdas, minimal lebih pintar dari yang dipimpin. Untuk menuju ke arah ini, anak memerlukan stimulasi intelektual sejak balita, yang akan mempertajam sel-sel otaknya dan memberikan tradisi  intelektual yang baik dalam diri anak seperti keingintahuan besar (curiosity) , dan lain-lain.
Di samping itu, kualitas karakter juga harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang dapat ditumbuhkembangkan sejak dini di samping kualitas intelektual di atas. Berikut beberapa karakter penting yang harus dipupuk dan disemai sehingga menjadi bagian inheren dari keperibadian anak:


Peduli: karakter kepemimpinan dimulai dari rasa peduli pada orang atau hal lain di luar dirinya. Misalnya, peduli pada orang miskin dan kemiskinan. Pada banyaknya pengangguran. Pada anak-anak muda yang putus sekolah, dan lain-lain.
Inisiatif: kepedulian membangkitkan inisiatif untuk memperbaiki situasi yang dianggapnya dapat diperbaiki. Inilah esensi kepemimpinan, yakni keinginan dan kemauan untuk memimpin atau berada di depan untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.
Berakhlak: taat pada syariah Islam dan tunduk pada etika sosial yang disepakati bersama menjadi keharusan untuk mendapat respek dari lingkungan yang dipimpin.
Integritas dan karakter: Anak selalu melihat dan meniru orang tua mereka. Oleh karena itu hanya orang tua yang dapat memberi contoh hidup pada anak-anak mereka tentang karakter yang baik, kejujuran dan integritas.
Percaya diri: siapapun harus percaya diri apabila ingin mencapai sesuatu dalam hidup. Selain itu, tanpa percaya diri, kita tidak akan dapat menyampaikan apapun pada orang lain.
Nyali: kita butuh nyali dan keberanian untuk mencapai  target dan tujuan. Orang tua harus mengajarkan anak bahwa begitu dia memutuskan untuk melakukan sesuatu, ia harus berani untuk mencapainya apapun yang terjadi.
Rasa tanggung jawab: Apabila orang tua melakukan kesalahan, dia harus mengakui kesalahan itu. Jelaskan soal ini pada anak sejak awal. Orang tua boleh mensyukuri saat mencapai tujuan yang dicapai dengan tanpa berbangga yang berlebihan.
 
 

© Bluberry Template Copyright by PKU Muhammadiyah Pamotan

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks